Teknik Sipil

Visi Prodi Teknik Sipil

Mewujudkan Program Studi Teknik Sipil di dalam menyelenggarakan pendidikan, pengembangan industri konstruksi yang unggul dalam bidang rancang bangun dan dilandasi jiwa patriotisme, kepeloporan, dan kemandirian dimulai tahun 2012 dan akan dicapai pada tahun 2022.

Misi Prodi Teknik Sipil

  1. Melaksanakan Program Studi Teknik Sipil jenjang strata satu dengan kompetensi dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan pelaksanaan bangunan rekayasa sipil yang dilandasi jiwa patriotisme, kepeloporan, dan kemandirian.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil.
  3. Mengembangkan pendidikan dengan penguasaan software program analisis, untuk meningkatkan kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan bidang Teknik Sipil.
  4. Mengembangkan pendidikan yang mampu menumbuhkan jiwa wirausaha khususnya dalam industri konstruksi.
  5. Meningkatkan kualitas kegiatan dosen dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  6. Meningkatkan kemampuan dosen melalui studi lanjut.

Tujuan Prodi Teknik Sipil

Adapun tujuan Program Studi S1 Teknik Sipil FakultasTeknik Universitas Tunas Pembangunan (PS S1 Teknik Sipil FT UTP) Surakarta adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing dalam kemampuan pada bidang perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengawasan, dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan sipil.
  2. Menghasilkan lulusan  yang dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilan di lapangan pekerjaan terhadap perubahan dan perkembangan IPTEK dalam industry konstruksi.
  3. Menghasilkan lulusan dengan kemampuan wirausaha dan inovatif dalam menciptakan lapangan kerja dalam dunia konstruksi baik dari sektor swasta maupun pemerintah.
  4. Menghasilkanlulusan yang mempunyai kemampuan dan ketrampilan dalam mengaplikasikan program analisis (software) keteknik sipilan secara cepat, tepat, dan akurat.
  5. Menghasilkan dosen dan mahasiswa yang produktif dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  6. Meningkatkan kemampuan akademik dosen melalui studi lanjut S3.